Manfaat Tanaman Andewi bagi Kesehatan

Manfaat Herbal Tanaman AndewiTanaman andewi menurut Wikipedia, merupakan sayuran daun yang kaya akan vitamin, terutama vitamin A, asam folat, mineral, dan kandungan serat tinggi.

Tahukah anda bahwa Sayur andewi memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalamnya yang tentu saja dibutuhkan oleh tubuh, lalu apa saja itu.? Simak penjelasannya di bawah ini
Manfaat Tanaman Andewi


  1. Tanaman andewi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sayuran ini mengandung lebih banyak kalsium, fosfor, besi dibandingkan dengan selada. Selain itu, juga mengandung  betakaroten, vitamin C. 
  2. Daun andewi memiliki zat bioaktif seperti: inulin (jenis karbohidrat yang mengandung serat tergolong sebagai prebiotik), dan juga senyawa fenolik. Karena adanya zat biologis, andewi sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk sistem pencernaan dan kardiovaskular.
  3. Banyak penelitian yang dilakukan secara in vitro dan in vivo (dengan partisipasi hewan laboratorium), menunjukkan pengaruh dari ekstrak tanaman dari genus Cichorium pada pertumbuhan sel tumor, karena adanya senyawa antioksidan termasuk komponen fenol, yang dapat menghambat perkembangan struktur karsinogenik.
  4. Dalam pengobatan naturopathy (pengobatan yang menggunakan sarana alami) dikutip dari umy.ac.id,  daun andewi dimanfaatkan sebagai obat bagi penderita hernia (lepasnya piringan sendi pada tulang duduk). Mekanisme penyembuhannya melalui penguatan tulang dan sendi.
  5. Secara kimiawi andewi memiliki kandungan nutrisi berupa kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium. Kalsium, fosfor, dan magnesium tersebut akan memperkuat piringan sendi yang turun atau melengkung, sedangkan kalium sangat efektif untuk mencegah peradangan sehingga mengurangi rasa sakit yang dirasakan penderita hernia. Selain itu, daun andewi juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita kelainan tulang punggung (chiropractic) dan radang urat (tendonitis).
  6. Daun andewi juga mempunyai efek diuretik (peluruh kencing) yang sangat baik, sehingga kadar garam dalam tubuh juga ikut terbuang lewat air seni. Bagi penderita hipertensi, efek ini memberikan manfaat yang signifikan. Penurunan retensi (tekanan) air pada ginjal akan meringankan kerja ginjal sehingga secara tidak langsung akan menurunkan tekanan darah.
  7. Tanaman andewi, dikutip dari dailyhealthmagazine.com, adalah  sayuran yang sangat rendah kalori. Dalam setiap 100 gram daun andewi hanya tersedia 17 kalori atau setara dengan 8 persen dari total kalori yang dibutuhkan oleh tubuh orang dewasa dalam sehari.
  8. Selain itu daun ini juga memiliki kandungan serat yang mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah serta menurunkan LDL atau kolesterol jahat, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu serat yang terkandung dalam sayuran andewi juga sangat baik dalam meringankan penyakit sembelit dan membantu menurunkan berat badan.
  9. Tanaman andewi, dikutip dari Herbal-clinic.com, adalah sayuran yang diperkaya dengan vitamin A dan betakaroten, yang memiliki sifat antioksidan. Karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan digunakan untuk menjaga selaput dan kulit mukosa. Ini juga merupakan vitamin penting untuk penglihatan dan membantu mengurangi degenerasi makula terkait usia.
  10. Tim peneliti dari Departemen Dermatologi, Rumah Sakit Universitas Hadassah, Ein Kerem, dan Departemen Kimia Obat-obatan dan Produk Alami, Sekolah Farmasi, Universitas Ibrani Yerusalem, dan Departemen Ilmu Lingkungan, Universitas Ibrani Yerusalem, Israel, meneliti tanaman andewi, menguji ekstrak etanol dari akar, tangkai, dan perbungaan populasi andewi. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak andewi mungkin memiliki sifat pelindung sinar matahari yang membuatnya berguna sebagai tabir surya.
Seperti itulah Manfaat Tanaman Andewi bagi Kesehatan dan semoga saja bermanfaat untuk anda sehingga saat ini anda dapat memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi Andewi , Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share dan mampir juga ke beberapa artikel terkait laiinya

0 Response to "Manfaat Tanaman Andewi bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel