Manfaat Tanaman Lumut Kerak (Lichenes)

Manfaat Tanaman Lumut Kerak. Bukan itu saja, kulit lumut banyak sekali digunakan sebagai bahan obat, digunakan dalam industri kimia, parfum dalam proses pewarnaan dan penyamakan dan digunakan sebagai indikator tingkat pencemaran di daerah yang ditempatinya.
Tanaman Lumut Kerak Lichenes

Berikut ini adalah beberapa peran dan manfaat dari lumut kerak.



  • Sebagai obat

Salah satu jenis dari lumut kerak bisa kita manfaatkan menjadi obat tradisional. Usnea adalah lumut kerak yang diketahui bermanfaat untuk dijadikan obat. Pasalnya, lumut kerak jenis Usnea ini dapat menghasilkan asam usnin yang dapat digunakan sebagai obat.
Sebagai indikator pencemaran lingkungan
Lumut kerak sangat sensitif terhadap adanya pencemaran udara. Lumut kerak dapat dengan mudah menyerap sulfur dioksida yang bersifat racun, tetapi karena lumut kerak tidak dapat mengekskresikannya lagi membuat lumut kerak tidak dapat hidup pada daerah industri atau lingkungan yang sudah tercemar.

  • Tumbuhan perintis

Lumut kerak memiliki kemampuan melepaskan zat kimia yang dapat melapukkan batu sehingga pada akhirnya terbentuk tanah. Apabila sudah terbentuk tanah, maka tanaman lain bisa hidup di atasnya. Karena ini lah lumut kerak memiliki peran sebagai tanaman perintis.

  • Indikator pH

Lumut kerak dapat dikatakan memiliki peran penting sebagai indikator pH dikarenakan dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kertas lakmus. Manfaat ini bisa didapatkan dari salah satu lumut kerak berjenis Rocellia tinctoria.

Sekian dari Manfaat Tanaman Lumut Kerak (Lichenes) jangan lupa untuk baca juga

0 Response to "Manfaat Tanaman Lumut Kerak (Lichenes)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel