Manfaat Tanaman Adas bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Adas. Daun adas mungkin belum banyak dilirik sebagai salah satu makanan sehat. Selama ini, fokus yang diberikan untuk tumbuhan yang satu ini lebih banyak pada bijinya. Sekarang, sudah saatnya anggapan itu berubah. Sebab, manfaat daun adas rupanya tak kalah menjanjikan.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Foeniculum vulgare ini, dianggap memiliki beberapa sifat yang baik untuk kesehatan seperti antibakteri dan antiradang. Daun adas juga dinilai memiliki antioksidan yang bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya di tubuh/



Manfaat daun adas untuk kesehatan

Jika di rumah ada daun adas, jangan ragu lagi untuk memasukannya ke dalam menu harian. Dengan begitu, berbagai manfaat di bawah ini bisa Anda dapatkan.


1. Mengandung antioksidan
Tanaman adas, termasuk daun dan bijinya dipercaya mengandung antioksidan, termasuk antioksidan polifenol yang sangat baik untuk kesehatan. Sebab, orang yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung komponen tersebut, berisiko lebih rendah terkena penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.


2. Baik untuk kesehatan tulang
Daun adas mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tulang, seperti fosfat, kalsium, zat besi, dan zinc. Tanaman ini juga mengandung vitamin K yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium di tubuh.


3. Menurunkan tekanan darah
Potasium atau kalium yang ada di dalam daun adas, baik untuk menjaga tekanan darah. Sebab, mineral ini akan mengatur pelebaran (dilatasi) dan penyempitan (kontraksi) pembuluh darah agar tekanan tetap bisa stabil.


4. Meredakan penumpukan gas di perut
Saat ada gas yang menumpuk di tubuh, mau tidak mau gas tersebut harus dikeluarkan melalui mekanisme buang angin atau kentut secara terus-menerus. Adas, baik daun maupun bijinya dianggap bisa meredakan kondisi ini.


5. Menjaga fungsi otak
Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, kalium yang ada di dalam daun adas juga baik untuk otak karena dapat mempertahankan fungsi dan kerja otak agar dapat berjalan dengan baik. Selain itu, sifat adas yang bisa melebarkan pembuluh darah, membuatnya berperan dalam masuknya oksigen ke otak yang penting untuk menjaga fungsi organ yang satu ini.


6. Melancarkan menstruasi
Adas, termasuk daun dan bijinya dapat bantu melancarkan menstruasi. Sebab, adas mampu mengatur kerja hormon estrogen di tubuh. Selain itu, tanaman ini juga dinilai dapat mengurangi gejala-gejala yang sering muncul menjelang menstruasi, seperti kram perut.


7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daun adas mengandung vitamin C, yang sudah sejak lama diketahui berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini juga akan membantu tubuh untuk memerangi sumber infeksi yang masuk, serta mencegah terjadinya kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih.


8. Menjaga kesehatan mata
Mengonsumsi daun adas dipercaya dapat melindungi mata dari peradangan dan kerusakan mata akibat bertambanya usia, termasuk degenerasi makula. Manfaat ini bisa didapatkan karena kandungan antioksidan di dalam adas berpotensi memicu peremajaan jaringan dan melawan penuaan.


9. Menyehatkan kulit
Kandungan vitamin C yang ada di dalam daun adas, penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen adalah komponen yang sangat diperlukan kulit untuk bisa tetap terlihat kencang dan kenyal.

Selain itu, karena vitamin C bisa berperan sebagai antioksidan, maka dengan mengonsumsinya, Anda akan terlindung dari dampak buruk paparan polusi dan radikal bebas. Sehingga, risiko penuaan dini pun bisa menurun.

Seperti itulah Manfaat Tanaman Adas bagi Kesehatan dan semoga saja bermanfaat, jangan lupa baca juga artikel terkait di bawah ini

Artikel Lainnya

0 Response to "Manfaat Tanaman Adas bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel