7 Cara Budidaya Tanaman Genjer Untuk Pemula

7 Cara Budidaya Tanaman Genjer Untuk Pemula. Genjer atau Paku Rawan adalah sejenis tumbuhan sayur yang banyak ditemukan di perairan dangkal seperti sawah atau rawa. Tanaman genjer bisa tumbuh sampai ketinggian 50 cm, tangkainya panjang dan berongga serta mempunyai mahkota bunga berwarna kuning. Sayur genjer diketahui memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi, untuk itu selain dapat dikonsumsi, kini petani mulai membudidayakan genjer untuk dijual. Penanaman tersebut umumnya dilakukan sesudah panen padi. Berikut cara menanam tanaman genjer.

Budidaya Tanaman Genjer

Persiapan Bibit
Sediakan bibit genjer yang baik dan berkualitas, pilih bibit yang mempunyai daun bagus dan tidak ada cacat atau penyakit. Bibit tersebut bisa didapat dengan mencabut bibit dari perairan lain atau mencabut tanaman muda pada bagian akar dari tanaman genjer yang sudah tua.
Persiapan Lahan Tanam
Apabila penanaman genjer akan di lakukan di tanah gambut maka pengolahannya hampir mirip dengan di sawah. Sebelum lahan ditanami genjer, lahan di bajak guna menggemburkan tanah dengan memastikan ketinggian air minimal 10 sampai 15 cm. Pemupukan dilakukan sehari sebelum penanaman bila genjer di tanam di sawah supaya bunga cepat tumbuh dan menghasilkan helaian daun yang seragam dan bila di tanam di rawa atau lahan gambut tidak harus dilakukan pemupukan sebab dalam tanah sudah terdapat pupuk tersendiri.
Penanaman
Bibit yang telah siap tanam di tanam di lahan tanam dengan cara menekan akar kedalam tanah memakai jempol tangan dengan jarak tanam antar genjer sekitar 10 sampai 15 cm. Penanaman yang baik dilakukan di sore hari saat matahari sudah redup jadi mengurangi penguapan dan genjer tidak layu.
Perawatan Tanaman
Untuk melakukan perawatan tanaman genjer mudah, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk kandang atau kompos sesudah genjer berusia sekitar 20 hari dengan di tebar menyeluruh. Pengaturan irigasi juga harus benar sebab tanaman genjer suka dengan tempat yang mempunyai ketersediaan air yang cukup. Lakukan juga penyiangan supaya tanaman tidak terganggu dalam penyerapan zat hara oleh gulma.
Masa Panen dan Pasca Panen
Pemanenan genjer bisa dilakukan ketika tanaman sudah mencapai umur sekitar 2 sampai 3 bulan dengan cara memetik bagian tangkai bunga dan bunganya atau mengambil bagian batang herba dan juga daunnya. Pemanenan dapat dilakukan 3 sampai 4 hari sesudah pemanenan sebelumnya.

Sekian dari 7 Cara Budidaya Tanaman Genjer Untuk Pemula dan semoga dapat bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca juga artikel terkait lainnya seperti

0 Response to "7 Cara Budidaya Tanaman Genjer Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel